Mengenal Zona Waktu di Dunia

Siaran langsung akan disiarkan mulai pukul 16.00 WIB” begitulah cuplikan pembaca berita di radio atau televisi. Apakah arti WIB? , apalagi selain WIB? Kenapa waktu bisa berbeda-beda? Bagaimana cara membagi perbedaan waktu di dunia ini?

Bumi kita yang bulat ini berputar pada sumbunya yaitu di kutub utara dan selatan, coba lihat bola dunia yang ada di sekolah kamu. Nah, bayangkan bumi kita adalah buah semangka yang ”dibelah” dengan sebuah pisau yang melewati kutub utara dan selatan.



Lalu dilanjutkan lagi dengan ”membelah” menjadi lebih kecil dengan tetap melewati kutub-kutubnya (seperti halnya tukang buah menjajakan buah semangka).Bila semangka itu di katupkan lagi, akan meningalkan garis yang melingkar melewati kutub-kutubnya. Itulah yang disebut garis bujur.
Garis Bujur adalah garis imaginer yang menghubungkan kutub utara dan kutub selatan bumi. Seperti kamu liat ke ”semangka” tadi, potongan semangka akan mengecil di kedua ujungnya, dan tebal di bagian tengahnya, begitu halnya dengan garis-garis bujur yang ada di bola bumi kita. Semua garis-garis bujur akan bertemu di kutub utara dan selatan bumi.

Pemberian angka pada garis bujur berdasarkan satuan derajat, satu lingkaran penuh 360o, setengah lingkaran 180o, dimulai dari 0o. Dan posisi 0o itu telah disepakati adalah garis yang melalui greenwich di London. Bayangkan kembali sewaktu kita membelah ”semangka” pertama kali menjadi dua bagian yang sama, maka irisan pisau akan melewati goka greenwich. Lalu sebelah ”kanan” greenwich atau ke arah timur kita sebut Bujur Timur, dan sebelah ”kiri” greenwich atau ke arah barat disebut Bujur Barat masing-masing dimulai dari 0o hingga 180o.



Garis 180o yang melewati samudera pasifik dikenal sebagai garis penanggalan internasional, pada ”garis” ini lah penanggalan dan hari berubah (jika di bagian timur sudah hari selasa, maka di bagian barat masih hari senin).

Perbedaan waktu setiap belahan bumi juga bisa dihitung berdasarkan posisi kita di garis bujur. Karena satu putaran bumi itu memakan waktu 24 jam, maka perbedaan waktu 1 jam adalah pada 360o/24 = 15o garis bujur. Artinya setiap tempat yang memiliki perbedaan posisi bujur sebesar 15o akan memiliki perbedaan waktu 1 jam.

Inilah pembagian zona yang dirintis oleh orang Kanada, Sir Stanford Fleming (1827-1915)

Sebagai contoh indonesia terletak antara 95oBT-141oBT, jika dihitung dari garis 0o (greenwich) maka posisi di 95o BT ini memiliki perbedaan waktu sebanyak 95o/15o = 7 jam lebih awal dari waktu di greenwich (jika di London adalah tepat tengah malam, maka di Jakarta adalah ”sudah” jam 7 pagi, atau bisa juga disebut saat itu waktu di jakarta adalah pukul 0 GMT, yaitu singkatan dari Greenwich Mean Time).



Akibat posisi Indonesia yang terbentang dari 95o hingga 141o maka indonesia terbagi menjadi 3 zona waktu yang masing-masing berbeda 1 jam yaitu WIB : Waktu Indonesia bagian Barat; WITA : Waktu Indonesai bagian Tengah; WIT : Waktu Indonesia bagian Timur (jika di jakarta jam 7 pagi, maka di bali sudah jam 8 pagi dan di Papua sudah jam 9 pagi)

Namun kadang ada negara yang tetap menggunakan patokan waktu berdasarkan "kepentingan" nya. Misal Singapura, yang kalau dilihat secara geografis adalah masuk ke dalam wilayah Indonesia Bagian Barat, namun perhitungan waktunya adalah mengikuti aturan Indonesia Bagian Tengah (Singapura menyesuaikan zona waktu dengan Hongkong, demi keseragaman "waktu" perekonomiannya). Negara China yang terbentang begitu luas sehingga seharunya memiliki lebih dari 4 zona waktu, lebih memilih satu zonasi waktu saja.

Coba deh kalau kamu punya teman, sahabat, atau keluarga di luar negeri, coba hubungi lewat telepon, dan tanyakan jam berapa sekarang....cocokkan dengan perhitungan kamu.

sumber : http://bocah.info/index.php?option=com_content&task=view&id=196&Itemid=40
Share this article :
Mari Berbagi Kebaikan:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Related Post:

 

Poskan Komentar

hampir semua postingan ini merupakan hasil copy paste dari blog lain. namun kami sertakan link rujukan asli tulisan tersebut. jika ada yang keberatan mohon konfirmasinya. kami akan segera menghapus postingan tersebut

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. abu-uswah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger